Selasa, 31 Agustus 2010

HASIL PERTEMUAN KOMUNITAS SATU HATI 22 JULI 2010

HASIL PERTEMUAN KOMUNITAS SATU HATI 22 JULI 2010

Pentingnya membangun sebuah credit union yang besar dan kuat disampaikan oleh Rm Willy Malim Batuah CDD, dalam sharing Komunitas Satu Hati. Lembaga yang besar dan kuat tidak akan bisa terjadi apabila didalamnya tidak didukung oleh unsur-unsur pengurus, pengawas dan manajemen yang benar-benar concern terhadap visi, misi dan tujuan lembaga.

Sedangkan Bapak Emanuel Frans Supriyanto memberikan masukan bahwa perlu dipikirkan langkah-langkah untuk memperkuat CU di Indonesia, salah satunya adalah wacana digabungkannya beberapa CU sehingga membentuk satu lembaga yang besar dan kuat dengan visi yang jelas dan misi yang dilakukan secara terus menerus. Wacana satu propinsi satu CU perlu dipertimbangkan dalam rencana ke depan. Yang terjadi saat ini adalah kecenderungan munculnya CU-CU baru dimana-mana yang kemudian tidak bisa maju dan hanya terkonsentrasi pada satu kelompok saja. Begitu juga tentang munculnya seruan kepada setiap PSE untuk membuka CU membuat perkembangan pelayanan semakin rancu dan tidak terkonsentrasi.

DIBUTUHKAN BRANDING
Untuk perkembangan bersama dibutuhkan kebersamaan dalam meningkatkan branding credit union di Indonesia yang selama ini belum berjalan bersama.
Contoh yang sangat sederhana adalah penyebutan nama lembaga. Ada yang masih menggunakan nama Credit Union, namun ada juga yang menggunakan nama Kopdit, bahkan KSP. Hal ini dapat menyulitkan masyarakat yang belum mengenal CU untuk dekat dan memahami tentang CU.

Dalam sesi ini dibahas juga tentang sistem perijinan dan penentuan Badan Hukum tentang CU.


YANG DIHARAPKAN DAN DIBUTUHKAN
1. Pembuatan pedoman tentang kepegawaian dalam CU yang bisa dijadikan standarisasi bagi semua lembaga, seperti peraturan kepegawaian, sistem penggajian, sistem insentif dll
2. Adanya dukungan dalam bidang hukum tentang peraturan-peraturan dalam operasional CU. Seperti pengurusan badan hukum, ijin untuk kantor cabang, penentuan nama lembaga yang bisa dicantumkan dalam papan nama, buku tabungan dll
3. Adanya Klinik CU, yang memberikan bantuan dan dukungan kepada CU yang bermasalah dalam menjalankan sistem operasionalnya, sehingga kembali menjadi lembaga yang sehat dan terus maju.
4. Komunikasi yang dilakukan terus menerus antar anggota komunitas untuk meng up date pengetahuan dan saling mendukung. Diusulkan dalam bentuk pertemuan rutin, dan up date perkembangan komunitas ke masing-masing anggota. Serta diusulkan pula adanya keaktifan dalam komunikasi dunia maya (email, facebook groups, blackberry, yahoo mesenger, skype dll)
5. Keaktifan Inkopdit dan Puskopdit untuk mendukung kebutuhan-kebutuhan CU. Kom. Satu Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar